News

    Informasi berita dan tips seputar traveling


Home > News

Selain Pantai, 4 Kuliner Lombok Ini Juga Wajib Dicicipi

Selasa 23 January 2018 | 08:00 WIB

Keindahan Pantai di kawasan Lombok memang tidak terbantahkan. Terutama kecantikan Pantai Senggigi dan kawasan Gili Trawangan yang sangat eskotis, membuat setiap perjalanan ke pulau di wilayah Nusa Tenggara Barat ini belum lengkap rasanya tanpa ke dua lokasi tersebut.

Kendati demikian, Lombok tidak hanya memiliki pantai sebagai daya tarik utamanya. Pulau ini memiliki beragam hal lain yang membuatnya menjadi semakin wajib untuk dikunjungi, termasuk urusan kulinernya.

Kuliner khas Lombok terkenal dengan rasa pedasnya yang menjadi ciri khas. Dengan cabai rawit yang dijadikan sebagai bahan dasar nyaris di setiap sajian masakan, Anda yang menggilai makanan pedas tentu saja tidak semestinya menyia-nyiakan kesempatan ini.

Nah, kira-kira apa saja ya, kuliner khas Lombok yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke pulau ini?

 

Plecing Kangkung


upload.wikimedia.org
 

Mendapatkan plecing kangkung memang kini bisa dilakukan di mana saja. Namun selagi berkunjung ke tanah kelahirannya, mengapa tidak sekalian mencicipinya?

Kuliner yang satu ini memang memiliki tampilan yang lumayan sederhana. Kendati demikian, cita rasa yang dihasilkan akan terus membekas dan tak jarang, membuat ketagihan. Perpaduan kangkung segar yang direbus, cabai rawit, garam, toma, terasi, tauge, dan kacangnya sangatlah khas dan terasa kaya di lidah. Bahkan sekalipun lauk yang tersedia juga sederhana, keberadaan plecing kangkung cukup membuat aktivitas bersantap Anda menjadi istimewa.

 

Sate Rembiga


4.bp.blogspot.com
 

Jika Anda penikmat daging sapi, berada di Lombok boleh jadi akan terasa seperti surga kecil. Pasalnya, menemukan kuliner berbahan dasar daging sapi segar di sini sangatlah mudah. Dalam kesehariannya, sapi di kawasan Lombok dan Sumbawa bebas berkeliaran sehingga tidak mudah stres sehingga memiliki kualitas daging yang sangat baik.

Sebagai salah satu olahannya, sate rembiga adalah contoh yang perlu Anda coba. Rembiga sendiri sesungguhnya merupakan nama suatu wilayah di Lombok. Sate ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan memiliki rasa unik. Anda akan menemukan kombinasi pedas, manis, dan gurih pada di setiap gigitan dagingnya.

 

Sate Bulayak


lombokbaratkab.go.id
 

Satu lagi olahan daging sapi yang tak kalah lezat dan wajib ada dalam rencana perjalanan Anda: sate bulayak. Tampilannya tidak jauh berbeda dari sate madura, tetapi perbedaan utamanya ada pada bumbunya. Untuk memberi rasa pada hidangan ini, digunakan campuran santan kental dan kemiri.

Selain itu, perbedaan lain yang akan Anda temukan ada pada lontongnya. Daun pembungkus olahan beras ini berasal dari daun aren, bukan daun pisang atau kelapa seperti lontong pada umumnya. Cara membungkus lontong sajian ini pun mengikuti pola spiral.

 

Ayam Taliwang

cdn.idntimes.com
 

Kuliner terakhir yang harus Anda cicipi selagi berada di Lombok tentu saja ayam taliwang. Kemahsyuran makanan ini sudah tersebar ke berbagai penjuru. Bila kedatangan Anda ke tempat asalnya tanpa mencicipi barang secuil saja, apa kata dunia?

Ayam taliwang sendiri merupakan sajian yang berbahan ayam utuh yang dilumuri bumbu. Cara pengolahannya pun terbagi atas dua macam, yakni dibakar atau digoreng. Saking khasnya makanan ini, menemukan ayam taliwang di Lombok tentu tidak akan menjadi sebuah kendala, terutama di Kota Mataram.

Nah, untuk meningkatkan kenyamanan Anda bepergian ke Lombok, gunakan New Travel ACA. Asuransi perjalanan keluarga ini akan membuat penerbangan Anda menjadi lebih aman dengan adanya jaminan penggantian ketidaknyamanan seperti kehilangan bagasi dan penundaan penerbangan. Tentu saja, benefit utama seperti biaya medis dan santunan kecelakaan juga sudah termasuk di dalamnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan perlengkapan perjalanan Anda dan nikmati keindahan pantai serta kelezatan kuliner Lombok yang sudah menanti! J

 

(shy)

Tag :