News

    Informasi berita dan tips seputar traveling


Home > News

Ini 5 Etika saat Traveling ke Luar Negeri

Minggu 10 Februari 2019 | 08:00 WIB

Saat traveling ke luar negeri, Anda berada di tempat baru yang benar-benar beda baik kebiasaan, gaya hidup, bahasa, makanan, hingga cuaca. Ini tentu membuat Anda dituntut untuk menyesuaikan diri dengan keadaan apapun. Ada aturan yang tertulis maupun tidak yang harus dijunjung tinggi. Berikut ini 5 etika traveling ke luar negeri apa yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan agar Anda menjadi traveler yang beretika.

Traveler adalah Tamu, Hargai Tuan Rumah


idntimes.com

 

Saat berada di luar negeri, Anda adalah tamu di negara tersebut. Jadi, usahakan untuk selalu menghargai tuan rumah. Jika Anda melakukannya, warga lokal pun akan senang dan melakukan hal yang sama dengan Anda. Jika Anda memerlukan bantuan, mereka pun akan dengan senang hati membantu Anda.

Selain itu Anda juga harus bersikap ramah dan sopan terhadap penduduk lokal. Anda harus menjadi tamu yang baik, dengan menghormati penduduk lokal Dengan demikian, mereka juga akan melihat Anda sebagai orang yang santun dan Anda akan dihormati juga.

Hormati Budaya Lokal


nothernspaintour.com

 

Jika Anda harus mengantre saat naik bus atau metro, saat akan membeli kopi, saat berbelanja di supermarket, pastikan Anda harus melakukannya. Menghormati budaya lokal berarti merupakan bentuk apresiasi warga lokal dan destinasi wisata Anda yang pastinya jauh berbeda dengan budaya kita.

Menghormati budaya lokal dan menjunjung tinggi kebiasaan dan adat setempat, juga dapat menghindari Anda tersandung suatu masalah. Jangan sekali pun memandang rendah apa yang mereka lakukan, meskipun cukup aneh di mata Anda.

Mematuhi Peraturan yang Ada


bookmundi.com

 

Anda sedang berada di negara orang yang tentunya memiliki peraturan yang harus dipatuhi oleh masyarakat setempat. Sebagai tamu, Anda juga harus mematuhi aturan yang ada baik tertulis maupun tidak. Dengan demikian, selain Anda tidak tersandung masalah, juga merupakan upaya menghormati dan menghargai lingkungan tersebut.

Sebagai contoh Anda harus selalu membuang sampah di tempatnya, bila tidak ada tempat sampah, biasakan mengantonginya lalu bila menemukan tempat sampah baru dibuang. Selain itu, kurangi untuk menggunakan sampah plastik yang akan merusak lingkungan.

Bijak Menggunakan Fasilitas


travelandleisure.com

 

Saat  menginap di hotel, airbnb, atau hostel, Anda harus bijak menggunakan fasilitas yang ada, misalnya menghemat air dan listrik. Jangan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan berlebihan, karena merasa Anda sudah membayar. Anda sebaiknya memikirkan akibat buruk terhadap lingkungan, jika Anda memakai fasilitas tersebut secara berlebihan.

Jangan Memotret Orang Lain yang Tidak Dikenal


njartscouncil.com

 

Saat berada di tempat publik atau transportasi umum, jangan bersikap aneh atau mempermalukan orang lain. Memang pengalaman Anda akan lebih menarik dan seru untuk diceritakan. Namun, bukan berarti Anda bisa memotret orang yang tidak dikenal, lalu disebar di media sosial. Setelah itu Anda memberi caption di foto unggahan tersebut dan diberi komentar oleh orang lain. Tidak nyaman bila Anda mengalami hal tersebut, bukan?

Nah, itulah 5 etika traveling yang harus diperhatikan agar menjadi traveler yang beretika, menjunjung tinggi aturan dan adat serta budaya di negara tujuan. Jika Anda tidak biasa, usahakan Anda memiliki niat untuk menjalankannya. Memang tidak biasa karena bukan budaya dan aturan seperti di negara kita tapi dengan niat pasti akhirnya akan terbiasa.

Terakhir, jangan lupa sebelum Anda berangkat, pastikan untuk menggunakan perlindungan asuransi New Travel Safe ACA. Asuransi perjalanan New Travel Safe ACA ini akan bermanfaat saat Anda traveling ke luar negeri karena menjadi pelindung diri Anda.

 

(jue)

Tag :